Ukmpiofarmasiunsoed’s Blog

RESEARCH

COMMON COLD

common cold atau yg biasa kita sebut flu, sepertinya sudah menjadi panyakit rutin tahunan, hampir setiap tahunnya kita terkena common cold, meskipun hanya sekali setahun, atau mungkin bisa lebih dari sekali. Common cold memang penyakit yg bisa dibilang ringan, namun sebaiknya kita jg harus hati memperlakukan common cold, karena banyak sekali salah kaprah yg terjadi dlm penanganan common cold.

Berpikir dua kali sebelum mengobati flu

Pada oktober 2007 yg lalu FDA (BPPOM milik USA) mengadakan pertemuan dan pada pertemuan tersebut merekomendasikan utk menarik obat-obatan yg selama ini biasa digunakan untuk terapi flu, salah satunya adalah phenylpropanolamine yg merupakan nasal decongestant (pelega hidung), phenylpropanolamine ini banyak digunakan pada produk obat-abat flu sampai akhirnya ditemukan efek buruknya berupa hemorrhagic stroke pada wanita.
Selain obat-obatan kebanyakan dari kita juga percaya bahwa vit. C dan zink dapat membantu mengobati flu, namun sampai saat ini belum didapatkan bukti yang nyata.

Over-the-counter medicines (obat2 yg beredar di pasaran)

Obat-obat untuk flu bervariasi sesuai dengan gejala yang diderita pasien, obat-obat yang sering digunakan antara lain: acetaminophen (mengurangi rasa nyeri dan penurun demam), dextromethophan (penekan batuk), phenyleprine (nasal decongestant), dan terkadang antihistamin dan chlorpheniramine.

kombinasi obat-obatan yang belum memiliki bukti yang nyata tersebut justru akan membahayakan untuk infant dan anak-anak, sedangkan efektifitas obat-obat flu untuk orang dewasa selama ini masih menjadi perdebatan, meskipun selama dalam dosis yg tepat obat-obatan tersebut masih aman untuk orang dewasa. Namun banyak orang yang kurang memperhatikan dosis pemakaian obat yg sudah tertera pada tiap produk obat, sehingga seringkali kurang dari dosis semestinya atau melebihi dosis yang aman, sehingga dapat memberi efek yg buruk pada tubuh, seperti acetaminophen dapat menyebabkan gagal liver bila diluar batas dosis.

Pseudoephedrine merupakan salah satu nasal decongestant, obat ini bekerja melegakan hidung dengan cara mengkonstriksikan pembuluh darah di hidung, namun yang berbahaya efek konstriksi tersebut tidak hanya terjadi dihidung, efek konstriksinya juga terjadi pada pembuluh darah lain di tubuh, sehingga obat ini bisa mengakibatkan hipertensi dan terkadang sampai cardiac arrhythmia dan stroke.

untuk lebih mengenal common cold dapat di unduh di  jurnal tentang common cold yang di publikasikan oleh  The Texas Department of Insurance. disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

calendar

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d blogger menyukai ini: