Ukmpiofarmasiunsoed’s Blog

Waspada Rhinitis Alergi

Posted on: September 26, 2009

Apakah kamu sering merasakan keluhan gejala gatal di hidung yang disusul dengan serangan bersin berulang kali, lalu keluar cairan ingus dan mengakibatkan hidung tersumbat?
waspadai gejala tersebut , karena bisa jadi kamu terserang yang namanya Rinitis Alergi (RA). Meski hanya sejenis alergi, namun pada kenyataannya si alergi yang satu ini sudah menjadi problem kesehatan global yang melanda banyak negara di seluruh belahan dunia.
hal itu terbukti dengan tingginya angka Prevalensi RA pada dekade terakhir ini yang meningkat 10-25 % populasi penduduk di dunia. Wow parah ya?

Sebagian besar masyarakat kita masih menganggapnya sebagai gejala pilek biasa. Padahal kalau nggak ditangani dengan serius hal ini juga bisa berbahaya lho buat kita.
Rinitis Alergi (RA) biasa diartikan sebagai penyakit inflamasi (keradangan) pada bagian mukosa hidung yang diperantarai oleh Imunoglobulin E (Ig E) setelah terjadi paparan allergen pada mukosa hidung.

Dan RA digolongkan sebagai penyakit saluran nafas utama yang sifatnya kronis dan membawa dampak pada kualitas hidup, menurunnya produktivitas beraktifitas, dan tentunya efek komplikasi di berbagai organ tubuh yang terkait, seperti polip hidung, rinosinusitis, dan infeksi saluran nafas atas.

Rinitis alergi juga berpotensi untuk menghadirkan penyakit atopi lainnya seperti asma. Bagi penderita RA, 20 % diantaranya memiliki gejala asma,penderita dermatitis atopik 70% akan menderita RA.

RA yang tak terkontrol akan menyebabkan kondisi asma yang semakin parah.
Untuk itu kita harus waspada dengan mengenali kondisi tubuh sendiri.

Jangan Anggap Remeh Pilek Alergi

Bagi sebagian besar masyarakat kita masih menganggap gejala pilek alergi adalah hal yang biasa. Padahal perlu diketahui apabila kita tidak segera menanganinya dengan tepat maka akan berakibat vatal yakni terjadinya komplikasi di beberapa organ seperti mata, tenggorokan dan telinga.

Komplikasi yang bisa timbul akibat keterlambatan penanganan pilek alergi secara tepat dan cepat antara lain infeksi rongga pipi, polip hidung, pharingitis (batuk), dan gangguan pendengaran.

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang manjur untuk menyembuhkan alergi, kalaupun ada saat ini hanyalah obat2 yang membantu meringankan si penderita dari gejala pilek, bersin dan gatal seperti obat-obatan jenis antihistamin.

Selain disebabkan oleh faktor debu dan cuaca dingin, ternyata pilek alergi juga disebabkan oleh faktor keturunan, allergen makanan (susu, telur , cokelat), dan kontaminasi dari hewan tungau (kutu) maupun bulu halus pada anjing, burung dan kucing.

Meski demikian, sebenarnya pilek alergi dapat disiasati dengan memperbaiki pola hidup dan menghindarkan diri dari berbagai allergen ( faktor penyebab alergi) di sekeliling kita yaitu dengan rutin berolah raga selama 30 menit setiap pagi , maka diharapkan kondisi tubuh akan selalu fit, sehingga tak rentan sakit.

Pilek alergi dapat di lunakkan dengan 5 cara, antara lain dengan meahami kondisi tubuh, menghindari penyebab dan jenis allergen lain yang dapat menyebabkan alergi, mencegah komplikasi dari pilek alergi, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, serta mengenali betul obat anti alergi yang akan dikonsumsi.

Penanganan pilek alergi juga dapat diantisipasi dengan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik yang berujung pada tes alergi atau biasa dikenal dengan SPT (Skin Prick Test) atau tes kulit cukit.
SPT dianggap sebagai solusi salah satu tes pilihan primer dan utama untuk menegakkan diagnosis alergi, karena tes kulit memiliki sensitivitas lebih tinggi.

Sumber : http://210.57.216.54/en/news/1-headline-news/354-dianggap-enteng-rinitis-alergi-diseminarkan.html

Riset kasih tambahan info tentang rhinitis alergi nih.. Baca ya!

klik disini buat download

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

calendar

September 2009
S S R K J S M
« Jun   Okt »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d blogger menyukai ini: